DESAIN PEMBELAJARAN MODEL GERLACH & ELY
“Pembelajaran Untuk Siswa/i SMAN 1 Pangandaran”
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Pangandaran
Mata Pelajaran : TIK (Pascal)
Kelas/Semester : XI/ II (Genap)
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Standar Kompetensi : Mahir Membuat Bahasa Pemrograman
Dengan
Komputer ( Tujuan Umum)
Kompetensi dasar : Membuat Bahasa Pemrograman Menggunakan
Turbo Pascal ( Tujuan Khusus)
Indikator :
- Mendefinisikan Bahasa Pascal
- Menjelaskan Jenis – Jenis Variabel, Data dan Deklarasi Dalam Turbo Pascal
- Menjelaskan Definisi Konstanta & Membuat Program Perhitungan Dengan Konstanta dalam Turbo Pascal
- Menentukan Perintah Masukan, Operator, dan Kondisional Dalam Turbo Pascal
- Mengenal dan Mengatur Tata Letak Layar Dalam Turbo Pascal
- Mendemonstrasikan cara membuat Data Selector Dalam Turbo Pascal
- Mendemonstrasikan cara membuat Repeat Until yang Dibatasi Boolean Dalam Turbo Pascal
B.
Isi
Pelajaran ( Materi
Pembelajaran)
a)
Pengenalan
Bahasa Pascal
b)
Variabel,
Data, dan Deklarasi
c)
Konstanta
d)
Perintah
Masukan, Operator, dan Kondisional
e)
Pengaturan
Tata Letak Layar
f)
Data Selector
g)
Repeat Until
C.
Penilaian
Kemampuan Awal Siswa ( Menilai
Kemampuan Awal)
1) Memberikan Pretest
Pretest dilakukan
untuk mengetahui apa yang sudah dan belum diketahui siswa tentang Bahasa Pascal , Jenis – Jenis Variabel, Data &
Deklarasi, Apa itu Konstanta, Bagaimana Caranya Menentukan Perintah Masukan,
Operator, & Kondisional, Cara Mengatur Tata Letak Layar serta Cara Membuat Data Selector dan Repeat Until.
2) Data Tentang Pengetahuan Awal/Kesiapan
Pertanyaan yang
ditujukan ke siswa: Apakah anda telah memahami materi mengenai Bahasa
Pemrograman ? Bila ya, jawablah
pertanyaan berikut!
·
Jelaskan
dengan singkat mengenai Turbo Pascal yang anda pahami !
·
Apakah
yang anda ketahui mengenai Variabel, Data & Deklarasi?
·
Apa
yang dimaksud konstanta?
·
Apakah
yang anda ketahui mengenai cara Menentukan Perintah Masukan, Operator, &
Kondisional?
·
Apa yang
anda ketahui tentang cara mengatur tata letak layar dan membuat data selector serta repeat until?
D.
Menentukan
Strategi Pembelajaran ( Aktivitas
Pembelajaran)
- Tahap I. Ekspositori (2 x 15 menit), tentang Mendefinisikan Bahasa Pascal, setelah itu kemudian Menjelaskan Jenis – Jenis Variabel, Data, Konstanta & Deklarasi.
- Tahap II. Demonstrasi (2 x 20 menit), tentang cara mengatur tata letak layar dan membuat Bahasa pemrograman sederhana Turbo Pascal dengan menggunakan perintah masukan, operator dan kondisional.
- Tahap III. Latihan praktik (2 x 40 menit), mempraktikkan cara membuat Bahasa pemrograman dengan menggunakan Data Selector dan Repeat Until
- Tahap IV. Diskusi dan review (2 x 15menit), memecahkan kesulitan di dalam praktik, teknik pengerjaan dan mengevaluasi.
E.
Pengelolaan
Kelas ( Pola Belajar - Kelompok)
Kelas dibagi ke
dalam 2 (dua) kelompok
·
Kelompok
I:
Mendapat tugas mempraktekkan cara membuat Data Selector dalam Turbo Pascal
·
Kelompok
II:
Mendapat tugas mempraktekkan cara membuat Repeat Until dengan menggunakan perintah
masukan dalam Turbo Pascal
F.
Pembagian
Waktu ( Menentukan Waktu)
Jumlah pertemuan
untuk pembelajaran ini dalam seminggu adalah dua kali pertemuan. Dimana setiap
pertemuan 2 x 45 menit , atau satu jam setengah. Pertemuan pertama untuk
menjelaskan materi, dan pertemuan kedua untuk praktek.
G.
Penyiapan
Ruang ( Memilih dan Menetapkan
Ruangan)
Seluruh proses
pembelajaran berlangsung di dalam satu ruangan laboratorium komputer. Dengan
menampung sebanyak 20 siswa. Ruang ini dilengkapi dengan 21 komputer, whiteboard, dan LCD proyektor.
H.
Penyediaan
Media Pembelajaran ( Menetapkan
Media Pembelajaran)
1) Buku teks:
- Tim
Avira (2012), Cepat Mahir Bahasa Pascal Untuk SMA Kelas XI, Jakarta CV Avira (
Tersedia juga BSE )
2)
Perlengkapan:
- 21
Set Komputer
-
Whiteboard 1 buah
-
LCD proyektor
I.
Penilaian
( Melaksanakan Kegiatan Penilaian)
Dengan memberikan soal yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 buah dan pertanyaan essay sebanyak 5 buah dengan komposisi
seimbang, begitu juga bobotnya. Soal dibuat berdasarkan tujuan yang telah
disusun sebelumnya ( pada indikator ).
J.
Analisis
Umpan Balik ( Menganalisis Kekurangan Pembelajaran)
Kegiatan evaluasi
tidak semata-mata membuat soal, tetapi meliputi pengumpulan data mengenai
kegiatan proses pelajaran, aktivitas siswa selama proses pembelajaran,
memonitor proses pembelajaran, serta mengukur tercapai tidaknya hasil belajar
para siswa. Evaluasi merupakan proses kegiatan yang menghasilkan laporan untuk
kemudian dianalisis serta memperoleh umpan balik berupa informasi apakah tujuan
pembelajaran sudah tercapai atau belum. Jika tujuan pembelajaran belum
tercapai, maka harus dicari kelemahannya dan dilakukan remedial. Kegiatan
evaluasi di dalam proses pembelajaran itu bukan semata-mata menilai para siswa
saja, melainkan juga ditujukan pada sistem pembelajaran yang dilakukan, (
Dengan melihat nilai yang diperoleh siswa, dan menyebarkan kuisoner tentang
pembelajaran di kelas ).