Contoh Desain Pembelajaran Model Gerlach dan Ely


DESAIN PEMBELAJARAN MODEL GERLACH & ELY
“Pembelajaran Untuk Siswa/i SMAN 1 Pangandaran”


Nama Sekolah           : SMA Negeri 1 Pangandaran
Mata Pelajaran         : TIK (Pascal)
Kelas/Semester          : XI/ II (Genap)
Alokasi Waktu          : 4 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Standar Kompetensi             : Mahir Membuat Bahasa Pemrograman Dengan
 Komputer ( Tujuan Umum)
Kompetensi dasar                 : Membuat Bahasa Pemrograman Menggunakan
 Turbo Pascal ( Tujuan Khusus)
Indikator                                :

  1.      Mendefinisikan Bahasa Pascal
  2.       Menjelaskan Jenis – Jenis Variabel, Data dan Deklarasi Dalam Turbo Pascal     
  3.      Menjelaskan Definisi Konstanta & Membuat Program Perhitungan Dengan Konstanta           dalam Turbo Pascal
  4.      Menentukan Perintah Masukan, Operator, dan Kondisional Dalam Turbo Pascal
  5.      Mengenal dan Mengatur Tata Letak Layar Dalam Turbo Pascal
  6.       Mendemonstrasikan cara membuat Data Selector Dalam Turbo Pascal
  7.       Mendemonstrasikan cara membuat Repeat Until yang Dibatasi Boolean Dalam Turbo  Pascal

B.     Isi Pelajaran ( Materi Pembelajaran)
      a)      Pengenalan Bahasa Pascal
      b)      Variabel, Data, dan Deklarasi  
      c)      Konstanta
      d)      Perintah Masukan, Operator, dan Kondisional
      e)      Pengaturan Tata Letak Layar
      f)       Data Selector
      g)      Repeat Until

C.     Penilaian Kemampuan Awal Siswa ( Menilai Kemampuan Awal)
      1)      Memberikan Pretest
Pretest dilakukan untuk mengetahui apa yang sudah dan belum diketahui siswa tentang Bahasa Pascal , Jenis – Jenis Variabel, Data & Deklarasi, Apa itu Konstanta, Bagaimana Caranya Menentukan Perintah Masukan, Operator, & Kondisional, Cara Mengatur Tata Letak Layar serta Cara Membuat Data Selector dan Repeat Until.
      2)      Data Tentang Pengetahuan Awal/Kesiapan
Pertanyaan yang ditujukan ke siswa: Apakah anda telah memahami materi mengenai Bahasa Pemrograman ? Bila ya, jawablah pertanyaan berikut!
·               Jelaskan dengan singkat mengenai Turbo Pascal yang anda pahami !
·               Apakah yang anda ketahui mengenai Variabel, Data & Deklarasi?
·               Apa yang dimaksud konstanta?
·               Apakah yang anda ketahui mengenai cara Menentukan Perintah Masukan, Operator, & Kondisional?
·               Apa yang anda ketahui tentang cara mengatur tata letak layar dan membuat data selector serta repeat until?

D.    Menentukan Strategi Pembelajaran ( Aktivitas Pembelajaran)
  • Tahap I. Ekspositori (2 x 15 menit), tentang Mendefinisikan Bahasa Pascal, setelah itu kemudian Menjelaskan Jenis – Jenis Variabel, Data, Konstanta & Deklarasi.
  • Tahap II. Demonstrasi (2 x 20 menit), tentang cara mengatur tata letak layar dan membuat Bahasa pemrograman sederhana Turbo Pascal dengan menggunakan perintah masukan, operator dan kondisional.
  • Tahap III. Latihan praktik (2 x 40 menit), mempraktikkan cara membuat Bahasa pemrograman dengan menggunakan Data Selector dan Repeat Until
  • Tahap IV. Diskusi dan review (2 x 15menit), memecahkan kesulitan di dalam praktik, teknik pengerjaan dan mengevaluasi.

E.     Pengelolaan Kelas ( Pola Belajar - Kelompok)
Kelas dibagi ke dalam 2 (dua) kelompok
·         Kelompok I:
Mendapat tugas mempraktekkan cara membuat Data Selector dalam Turbo Pascal
·         Kelompok II:
Mendapat tugas mempraktekkan cara membuat Repeat Until dengan menggunakan perintah masukan dalam Turbo Pascal

F.      Pembagian Waktu ( Menentukan Waktu)
Jumlah pertemuan untuk pembelajaran ini dalam seminggu adalah dua kali pertemuan. Dimana setiap pertemuan 2 x 45 menit , atau satu jam setengah. Pertemuan pertama untuk menjelaskan materi, dan pertemuan kedua untuk praktek.

G.    Penyiapan Ruang ( Memilih dan Menetapkan Ruangan)
Seluruh proses pembelajaran berlangsung di dalam satu ruangan laboratorium komputer. Dengan menampung sebanyak 20 siswa. Ruang ini dilengkapi dengan 21 komputer, whiteboard, dan LCD proyektor.

H.    Penyediaan Media Pembelajaran ( Menetapkan Media Pembelajaran)
1)      Buku teks:
- Tim Avira (2012), Cepat Mahir Bahasa Pascal Untuk SMA Kelas XI, Jakarta CV Avira ( Tersedia juga BSE )
2)      Perlengkapan:
- 21 Set Komputer
-   Whiteboard 1 buah
-   LCD proyektor
I.        Penilaian ( Melaksanakan Kegiatan Penilaian)
Dengan memberikan soal yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 buah dan pertanyaan essay sebanyak 5 buah dengan komposisi seimbang, begitu juga bobotnya. Soal dibuat berdasarkan tujuan yang telah disusun sebelumnya ( pada indikator ).

J.       Analisis Umpan Balik ( Menganalisis Kekurangan Pembelajaran)
Kegiatan evaluasi tidak semata-mata membuat soal, tetapi meliputi pengumpulan data mengenai kegiatan proses pelajaran, aktivitas siswa selama proses pembelajaran, memonitor proses pembelajaran, serta mengukur tercapai tidaknya hasil belajar para siswa. Evaluasi merupakan proses kegiatan yang menghasilkan laporan untuk kemudian dianalisis serta memperoleh umpan balik berupa informasi apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai atau belum. Jika tujuan pembelajaran belum tercapai, maka harus dicari kelemahannya dan dilakukan remedial. Kegiatan evaluasi di dalam proses pembelajaran itu bukan semata-mata menilai para siswa saja, melainkan juga ditujukan pada sistem pembelajaran yang dilakukan, ( Dengan melihat nilai yang diperoleh siswa, dan menyebarkan kuisoner tentang pembelajaran di kelas ).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »