TERM OF
REFERENCE (TOR)
“Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Yang Kreatif dan
Etik
Bagi Siswa SMA di Pangandaran”
Diajukan Untuk Memenuhi
Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Perencanaan Komunikasi
Dosen Pengampu : Drs. Hadi Suprapto Arifin M.Si.
Disusun Oleh :
Nama : Galang Ikhwan Aji Sabda
NPM : (210110164004)
UNIVERSITAS PADJADJARAN
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI DI LUAR
KAMPUS UTAMA PANGANDARAN
2017
SISTEMATIKA
KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)
TERM OF
REFERENCE (TOR)
(Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Yang Kreatif dan
Etik
Bagi
Siswa SMA di Pangandaran)
UNIT KERJA :
Mahasiswa Unpad PSDKU Pangandaran
PROGRAM STUDI :
Ilmu Komunikasi
I.
Pendahuluan
A.
Latar Belakang
Dewasa ini penggunaan media untuk mengakses
berbagai informasi atau hiburan telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat.
Kebutuhan tersebut tidak terbatas pada umur, pekerjaan, dan status sosial
ekonomi seseorang. Banyaknya media baru yang muncul telah menggeser beberapa
media yang telah establish
sebelumnya, seperti media cetak yang mulai ditinggalkan pembacanya yang kini
berpindah kepada media online,
kemudian interaksi secara tatap muka mulai jarang dilakukan karena adanya Media
Sosial.
Media Sosial adalah sebuah media
online, yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan
menciptakan isi melalui Blog, Facebook,
Twitter, Instagram, Wiki, forum dan dunia virtual. Facebook, Twitter, dan
Instagram merupakan bentuk Media
Sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia dan
khususnya digunakan siswa SMA di Pangandaran. Salah satu fungsi Media Sosial
adalah untuk menyalurkan kreatifitas menulis. Media Sosial yang bisa digunakan
untuk menyalurkan kreatifitas menulis diantaranya yaitu seperti, Blog, Facebook, Wattpad, dan masih
banyak lagi.
Namun sangat disayangkan untuk sekarang
ini penggunaan Media Sosial dikalangan siswa SMA pada umumnya dan khususnya di
Pangandaran masih digunakan dalam hal yang tidak Produktif, contohnya
penggunaan Media Sosial yang hanya digunakan sebagai tempat mengeluh kesah,
tempat untuk saling mencela dan memfitnah orang lain, tempat untuk mengunggah
foto-foto narsis yang kurang bermanfaat dan masih banyak lagi. Bayangkan Jika Media
Sosial digunakan Seoptimal mungkin dengan berbagai keunggulan di setiap Media
Sosial yang ada, pasti siswa - siswi SMA di seluruh Indonesia termasuk
Pangandaran bisa lebih kreatif dalam segala bidang dengan menggunakannya secara
etik, karena pada dasarnya Media Sosial ini begitu diminati oleh masyarakat
Indonesia - karena kebiasaan Kultur dari masyarakat Indonesia yang senang
berkumpul dan berbincang-bincang dari satu pengguna ke pengguna yang lain, baik
dari dunia Maya maupun dunia Nyata.
Dari sebuah hasil riset yang dilakukan oleh Hootsuite dan We Are Social dan dimuat oleh The
Next Web, saat ini terdapat lebih dar 3 milyar orang yang aktif menggunakan
Media Sosial diseluruh belahan dunia, sedangkan di Indonesia angka pengguna Media
Sosial sendiri mencapai 106 juta orang dari 262 juta populasi.
Angka itu menunjukkan bahwa 40 persen dari total penduduk indonesia
adalah orang-orang yang menghabiskan setidaknya sebagian waktu dari keseharian
mereka untuk berinteraksi di Media Sosial, terutama remaja sebagai pengguna
teraktif.
Dari latar belakang tersebut maka penulis mempunyai inisiasi untuk
melakukan sosialisasi mengenai bagaiamana cara penggunaan sosial media yang
kreatif dan etik dikalangan siswa SMA di Pangandaran.
B.
Landasan Hukum
1. Undang – Undang Nomor 11 Tahun 2008
Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
2. Permenpan Nomor 83 Tahun 2012 Tentang
Pedoman Pemanfaatan Media Sosial
C.
Target dan Luaran
1) Target Kegiatan
Kegiatan
sosialisasi ini memiliki target yaitu:
·
Siswa
SMA sederajat di seluruh Pangandaran
2) Luaran Kegiatan
Sosialisasi tentang Penggunaan Media Sosial yang
Kreatif dan Etik ini dapat menghasilkan luaran sebagai berikut :
1) Mengarahkan siswa SMA di Pangandaran untuk lebih
selektif dalam mengunggah postingan di Media Sosial
2) Memberikan wawasan kepada siswa SMA di Pangandaran mengenai
pemanfaatan Media Sosial yang efektif
3) Menanamkan pemahaman bahwa sebaiknya pergunakan
Media Sosial untuk hal-hal yang lebih bermanfaat
D.
Maksud dan Tujuan
1. Maksud
Kegiatan sosialisasi penggunaan Media
Sosial yang kreatif dan etik bagi siswa SMA di Pangandaran ini dilaksanakan
dengan maksud memberikan pengarahan dan memberikan edukasi ataupun kiat-kiat
bagaimana menggunakan serta memanfaatkan Media Sosial dengan kreatif.
2. Tujuan
a. Tujuan
Umum
Menjadikan Siswa
SMA di Pangandaran Kreatif menggunakan Media Sosial
b. Tujuan
Khusus
1) Meningkatnya
pengetahuan, sikap dan tindakan siswa SMA di Pangandaran dalam hal pemanfaatan
Media Sosial dengan baik.
2) Mendorong
siswa di SMA Pangandaran agar mau bergerak kreatif dan berinovasi dengan
memanfaatkan Media Sosial
3) Dapat
tercapainya karakter siswa SMA Pangandaran yang cerdas bermedia dan memiliki skills untuk menyebarkan
informasi-informasi yang positif.
E.
Manfaat
Adapun
manfaat yang bisa didapatkan dari sosialisasi ini yaitu :
1.
Dapat meningkatkan
Literasi Informasi dan Media mengenai Pemanfaatn dan Penggunaan Media Sosial
siswa SMA di Pangandaran.
2.
Mampu mendorong siswa SMA
di Pangandaran untuk berkreasi dengan Media Sosial
3.
Menciptakan karakter
siswa SMA di Pangandaran untuk cerdas bermedia sosial.
II.
Mekanisme dan Rancangan Kegiatan
A.
Indikator Kegiatan Sosialisasi
Indikator
sosialisasi penggunaan Media Sosial yang kreatif dan etik bagi siswa SMA di
Pangandaran terdiri dari :
1.
Menyiapkan materi yang
relevan mengenai Penggunaan Media Sosial yang kreatif untuk sosialisasi
2.
Pelaksanaan Sosialisasi (Penyampaian
Materi dan Demonstrasi)
3.
Pembuatan laporan hasil
kegiatan sosialisasi dan kemudian
evaluasi
B.
Cara Melaksanakan Kegiatan
1.
Tahap Persiapan
Sebelum dilaksanakan kegiatan sosialisasi maka tentu harus dilakukan perencanaan kegiatan. Rencana kegiatan dilakukan dengan menyebarkan surat pemberitahuan kepada
seluruh kepala sekolah SMA sederajat di Pangandaran
bahwa akan ada kegiatan sosialisasi dari Mahasiswa Unpad mengenai Penggunaan
Media Sosial yang kreatif dan Etik.
Selain itu
hal yang disiapkan juga mengenai tempat pelaksanaan sosialisasi
(mengatur setting ruangan) , membuat rundown acara, meminta izin kegiatan ke
instansi-instansi terkait agar dilancarkan, dan juga menyiapkan Peralatan serta bahan untuk presentasi.
2.
Tahap Pelaksanaan
Kegiatan sosialisasi
ini dilakukan dengan muatan :
a. Pemberian materi
mengenai Media Sosial, yaitu:
1.
Mengenalkan Media
Sosial Lebih dalam
2.
Memaparkan
Jenis - Jenis Media Sosial
3.
Memaparkan
Ciri - Ciri Media Sosial
4.
Menjelaskan
Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial
5.
Menceritakan
Perkembangan Media Sosial
6.
Membahas
Teori
tentang Munculnya Media Sosial
7.
Menjelaskan
Dampak Media Sosial bagi siswa : Positif & Negatif
8. Memberikan Contoh Penerapan Media Sosial Kreatif
9. Mengaplikasikan Penggunaan Media Sosial
yang Etik
b. Menampilkan Video terkait Keberhasilan
pemanfaatan Media Sosial sebagai sarana Promosi yang Kreatif
c. Terakhir yaitu pembuatan laporan hasil kegiatan
3.
Metode
Kegiatan
sosialisasi yang akan dilakukan ini, dengan mempertimbangkan materi
sosialisasi, Siswa SMA sebagai audiens, masalah yang berkembang dan lingkungan
yang mendukung, dalam pelaksanaannya akan menggunakan beberapa metode berikut :
1) Metode komunikasi ceramah, siswa SMA akan diberikan
informasi mengenai media literasi khususnya Media Sosial. Materi seperti yang
tercantum dalam muatan diatas.
2) Metode diskusi, siswa akan diberi kesempatan untuk
bertanya dan berdiskusi mengenai konsep-konsep yang telah dipaparkan dalam sesi
sebelumnya.
3) Metode pretest
dan posttest, dilakukan dengan bentuk
tanya jawab secara langsung tentang pengetahuan siswa mengenai penggunaan Media
Sosial ini sebelum dan sesudah materi sosialisasi disampaikan untuk mengetahui efektifitas kegiatan
yang dilakukan.
4.
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan sosialisasi
untuk siswa SMA di Pangandaran ini
dilaksanakan pada :
Tanggal : 22 November 2017
Tempat : Aula Gedung Islamic Centre
Waktu :
Pukul 09:00 s.d. selesai
No.
|
Kegiatan
|
Bulan November
|
||
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Persiapan
|
|||
2
|
Operasionalisasi di
Lapangan (Pelaksanaan Sosialisasi)
|
|||
3
|
Penyusunan Laporan
|
III.
Penanggungjawab Kegiatan
Ketua Pelaksana
Nama : Galang Ikhwan Aji Sabda
Status
: Mahasiswa
NPM
: 210110164004
Tempat Tanggal Lahir : Ciamis, 09 Juli 1998
IV.
Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan dan
Pelaporan
Evaluasi kegiatan dan
pelaporan disusun pada setiap selesai pelaksanaan kegiatan, yang kemudian
dilaporkan kepada Dosen Pengampu agar mengetahui setiap progresnya. Kegiatan
evaluasi dilakukan untuk mencari tahu apakah kegiatan sudah sesuai dengan
perencanaan dan apakah sudah memenuhi tujuan sosialisasi penggunaan sosial
media yang kreatif dan etik atau belum.
Indikator keberhasilan kegiatan (utama dan
penunjang) seperti format berikut ini:
No
|
Indikator
|
Base Line (sebelum kegiatan)
|
Pencapaian (sesudah kegiatan)
|
1
|
Pengetahuan siswa mengenai media sosial
|
Siswa belum mengetahui Media Sosial secara mendalam
|
Siswa mengetahui media social dari jenisnya, contohnya, dll.
|
2
|
Pengetahuan siswa mengenai pemanfaatan Media Sosial yang Kreatif
|
Siswa belum memiliki pengetahuan mengenai cara memanfaatkan Media
Sosial yang Kreatif
|
Siswa menjadi memiliki pengetahuan mengenai cara memanfaatkan Media
Sosial yang Kreatif
|
3
|
Sikap siswa mengenai penggunaan Media Sosial
|
Siswa belum selektif dalam mengunggah postingan yang bermanfaat di
Media Sosial
|
Siswa lebih selektif dalam mengunggah postingan yang bermanfaat di
Media Sosial
|
4
|
Pemahaman siswa mengenai bermedia sosial yang kreatif dan etik
|
Siswa belum memahami cara bermedia sosial yang kreatif dan etik
|
Siswa memahami cara bermedia sosial yang kreatif dan etik
|
Pada Kesimpulannya Sosial Media akan lebih berguna jika para
penggunanya tidak sekedar memposting keluh kesahnya saja tetapi juga harus
lebih kreatif dalam memanfaatkan Sosial Media sebagai wadah pola fikir
Kreatifitasnya.
V. Penutup
Demikian term of
reference ini dibuat sebagai bahan acuan pelaksanaan sosialisasi
penggunaan Media Sosial yang kreatif dan etik bagi siswa sma di pangandaran.
ttd
Galang Ikhwan Aji Sabda