Contoh Studi Kelayakan Bisnis Merchendise

Laporan Potensi Bisnis yang Bisa Dikembangkan di PSDKU UNPAD Pangandaran
“Bisnis Clothing dan Merhendise Keunpadan ( T-shirt, Jaket/Sweater, Sticker, Bros, Gelang, Gantungan Kunci, Pin)

Dosen Pengampu : Drs. Hadi Suprapto Arifin M.Si.,
  


Disusun Oleh :

Herdiana                 210110164003
Galang Ikhwan Aji Sabda     210110164004
Evhan Rayna Suryatmana    210110164017



UNIVERSITAS PADJADJARAN
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI DI LUAR KAMPUS UTAMA  PANGANDARAN
2017

BAB I
Pendahuluan


A.    Latar Belakang

Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan industri perdagangan saat ini, dirasakan cukup berdampak bagi sebagian masyarakat, untuk itu sebagai kaum intelektual, sudah sewajarnya mahasiswa berusaha menuangkan segala potensi diri dan daya kreasi untuk menemukan ide-ide dan gagasan usaha untuk dikembangkan.

Dengan adanya PSDKU Unpad pangandaran, yang baru berdiri beberapa bulan lalu. Banyak sekali potensi-potensi bisnis yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan  bagi seorang wirausahawan. Terutama bisnis yang berhubungan serta berkaitan dengan kegiatan kampus dan lingkungan sekitar kampus.

Pada masa kini perkembangan akan perubahan kebiasaan dan teknologi semakin luas dan berkembang sehingga, banyak pelaku bisnis yang menggunakan perubahan teknologi masa  kini untuk mengikuti zaman yang ada. Maka sebagai mahasiswa yang memiliki kemampuan dan pemikiran yang luas, berinisiatif untuk mengembangkan potensi yang ada di lingkungan kampus PSDKU, sebagai potensi bisnis yang cukup besar.

Melihat potensi kedepannya akan semakin banyak Mahasiswa yang belajar di PSDKU UNPAD ini, maka kami berencana untuk membuka Bisnis Clothing dan Merchendise keunpadan, karena di PSDKU sendiri belum terdapat bisnis seperti itu juga alasan lain karena biasanya seorang mahasiswa menunjukkan kebanggaannya terhadap almamater dengan mengenakan atau memakai berbagai  merchendise khas berbau almamater, sebagai wujud rasa bangga.  Usaha clothing dan merchandise ini dirasa sangat cocok karena kami dapat mengembangkan hobi dan kemampuan kami untuk dapat menghasilkan uang serta memberikan dampak positif kepada teman ataupun masyarakat sekitar.



B.    Tujuan Usaha

Usaha clothing dan merchendise ini mempunyai tujuan yaitu sebagai berikut :
1.    Memberikan pengenalan Keunpadan lewat Clothing dan Merchendise.
2.    Mengurangi dampak pengangguran.
3.    Mendapatkan laba .
4.    Menyediakan kebutuhan fashion Keunpadan bagi mahasiswa.
5.    Memberikan produk terbaik untuk tiap jurusan.
6.    Menjalin persahabatan antara pelanggan.
7.    Menjadi store yang kredibel.

C.    Manfaat Usaha

    Manfaat bagi kami sendiri antara lain:
-    Meningkatkan penghasilan dalam usaha
-    Melatih skills berwirausaha
-    Meningkatkan kesejahteraan bagi diri kami
-    Membantu orang yang kurang mampu

    Manfaat bagi orang lain
-     Untuk memberikan informasi mengenai keunpadan lewat cloth dan merchebdise
-    Memunculkan wirausaha yang terampil dan kreatif dalam memberikan suatu gagasan / mutu / ide-ide usaha yang baik.
-    Memberikan rasa puas
-    Memenuhi kebutuhan Mahasiswa PSDKU UNPAD


BAB II
Informasi Umum

A.    Nama Usaha

Usaha Cloting dan Merhendise ini didirikan dengan Nama “My Unpad Clothing & Merchendise Store”.

B.    Pemilik Usaha

Usaha ini didirikan oleh tiga orang yaitu :

1.    Galang Ikhwan Aji Sabda , Sebagai Manager sekaligus Designer.
2.    Herdiana, Sebagai Promotion.
3.    Evhan Rayna Suryatmana, sebagai project office.

C.    Bentuk Usaha

Usaha Cloting dan Merchendise Store  ini berbentuk Usaha milik perseorangan.

D.    Bidang Usaha

Usaha ini membuka bidang usaha bisnis T-shirt, Jaket/Sweater, Sticker, Bros, Gelang, Gantungan Kunci, Pin.

E.    Lokasi Usaha

Jangka Pendek
•    Tempat Utama      : Kampus 1 PSDKU UNPAD ( Jalan Cikangkung No. 101
   RT 02 RW 07, Cikembulan, Sidamulih, Pangandaran )
•    Cabang         : Kampus 2 PSDKU UNPAD ( Jalan Raya Cijulang,
    Wonoharjo , Pangandaran)/Depan D’Parigi Resto
Jangka Panjang
Kampus PSDKU UNPAD,  Desa Cinta Ratu


F.    Kesan / Counter Style

Kesan yang ingin kami bangun dalam melayani pelanggan adalah “Amanah, Nyaman, dan Melayani Sepenuh Hati“. Sehingga pelanggan merasa nyaman dan senang dengan pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan kami yang memuaskan.       

G.    Visi dan Misi   

Visi      :    Mitra dan solusi dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan
Mahasiswa PSDKU.
Misi     :    Memberikan pelayanan yang baik serta memberikan dampak positif
Bagi Mahasiswa

H.    Ruangan / Tempat yang dibutuhkan

            Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni ruangan ukuran 6m x 3m.

I.    Jumlah Tenaga Kerja

Usaha ini terdiri dari 3 orang tenaga kerja yang memiliki tugas:
1.      Manajer dan Desainer     : Galang Ikhwan Aji Sabda
2.      Project Officer        : Evhan  
3.      Sales Promotion              : Herdiana


BAB III
Penilaian Terhadap Pasar

A.    Konsumen yang Dituju

1.    Mahasiswa PSDKU UNPAD
2.    Dosen dan Tendik PSDKU UNPAD

B.    Jenis Usaha yang Dibuat

1.    Clothing
2.    Merchendise

C.    Analisis Situasi

Kegiatan usaha ini dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT:
Faktor Internal    Faktor Eksternal
Kekuatan (Strength) :
-          kerjasama
-          kualitas sumber daya manusia
(Bertanggung jawab , disiplin kerja , kreatif dan inovatif).
-Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
-          Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
-          Menjual produk yang berkualitas    Peluang (Oportunity):
-          tingginya permintaan
-          Dengan tetap menjaga  mutu dan kualitas produk , kami yakin dapat bersaing walaupun harus dengan para usahawan Clothing-an dan Merchendise yang lain di kemudian hari .

Kelemahan (Weaknes):
-          rendahnya modal kerja
-   -   Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional.
    Hambatan (threaty):
-          Perekonomian labil
-          Perubahan harga pasar yang kurang dapat diprekdisi
-          Munculnya para usahawan usahawan baru yang sejenis

D.    Prespektif Masa Depan Usaha
          
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak dibidang perdagangan, khususnya dalam hal Clothing dan Merchendise untuk mahasiswa PSDKU dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan mahasiswa sangat besar karena untuk menunjukkan kebanggaannya terhadap almamater dan ditambah dengan belum adanya pesaing usaha yang sama di lokasi sekitar.

E.    Analisis Persaingan
       Berdasarkan pemantauan dan hasil survey wawancaran yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang akan kami dirikan usaha ini masih belum terdapat sebuah tempat jasa pembuatan merchandise dan cloth .

BAB IV
Rencana Pemasaran

A.    Jenis Produk yang Ditawarkan

1.    T-shirt,
2.    Jaket/Sweater,
3.     Sticker,
4.     Bros,
5.     Gelang,
6.     Gantungan Kunci, dan
7.     Pin.

B.    Penetapan Harga

Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh Mahasiswa dan Dosen. Adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya .

C.    Harga Jual Produk

Setelah memperhitungkan dengan cukup matang , akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut ini adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan.
Jenis Produksi    Harga
T - Shirt    Rp     60.000,00
Jaket / Sweater      Rp    155.000,00
Sticker    Rp   10.000,00
Bros    Rp   10.000,00
Gelang    Rp   25.000,00
Gantungan Kunci    Rp   15.000,00
Pin                     Rp   5.000,00


D.    Tempat Usaha

Kampus PSDKU Unpad Pangandaran ( Jalan Cikangkung No. 101 RT 02 RW 07, Cikembulan, Sidamulih, Pangandaran)


E.    Strategi Pemasaran

Kami memasarkan Clothing dan Merchendise ini melalui promosi yaitu dengan:
-          Membuat Iklan melalui jejaring sosial
-          Membuat display di berbagai tempat
-          Melalui mulut ke mulut
-          Mengandalkan informasi dari pelanggan ke orang lain
-          Melalui brosur
-          Serta membuat advertisement secara online di OA Unpad Pusat agar bisa dijangkau mahasiswa dan dosen.



BAB V
Rencana Penjualan

A.    Sistem Penjualan

1.    Penjualan Langsung
Sistem ini dilakukan secara langsung bertatap muka antara penjual dan konsumen,
2.    Penjualan tidak langsung dengan system konsinyasi
Sistem ini dilakukan antara lain dengan menitipkan produk di tiap jurusan.
3.    Terima Pesanan
Konsumen datang ke tempat untuk memesan pesanan yang telah konsumen tentukan.
4.    Delivery Order
Konsumen bisa memesan melalui sosmed dan akun resmi My Unpad untuk memesan produknya.

B.    Jadwal Memulai Usaha

Jadwal buka untuk melakukan pelayanan usaha My Unpad Clothing & Merchendise Store ini  setiap hari dari pukul 09.00 – 21.00.

C.    Bahan yang Digunakan

Bahan yang digunakan dalam pembuatan produk :
•    Kain cotton
•    Kain Babby Terry
•    Kain Parasut
•    Kertas stiker
•    Plastik Bros
•    Bahan Baku Pin
•    Kawat Tembaga





BAB VI
Rencana Pendapatan


A.    Hasil Penjualan

Rincian hasil taksiran penjualan Per hari sebagai berikut :
Karena di PSDKU terdapat 5 Prodi, setidaknya minimal 1 item per prodi terjual, maka ada 5 item tiap hari yang terjual.

Jenis Produksi    Harga    Jumlah
T - Shirt     Rp     60.000,00 x 5    Rp          300.000,00
Jaket / Sweater      Rp    155.000,00 x 5    Rp          775.000,00
Sticker    Rp   10.000,00 x  5    Rp          50.000,00
Bros    Rp   10.000,00 x 5    Rp          50.000,00
Gelang    Rp   25.000,00 x 5    Rp          125.000,00
Gantungan Kunci    Rp   15.000,00 x 5    Rp          75.000,00
Pin         Rp   5.000,00 x 5    Rp          25.000,00
Total penjualan perhari        Rp         1.400.000,00

B.    Perkiraan Pendapatan dan Pengeluaran per bulan

I.    Pendapatan penjualan perbulan
30 X Rp 1.400.000,00                = Rp 42.000.000,00
II.    Pengeluaran per bulan
1.    Bahan baku 50% X Rp 42.000.000,00      =  Rp  21.000.000,00
2.    Biaya lain lain
-    Sewa tempat usaha                    Rp       500.000,00
-    Transportasi                        Rp       300.000,00
-    Lain lain 10% X Rp 42.000.000,00              Rp       4.200.000,00
 Jumlah pengeluaran perbulan                Rp       26.000.000,00
Jadi, Pendapatan per bulan   
    Rp 42.000.000,00 – Rp 26.000.000,00    =  Rp  16.000.000,00



BAB VII
Perkiraan Arus Uang

A.    Sumber  Modal

No    Sumber  Modal    Jumlah    Keterangan
1.    Modal Bersama    Rp    660.000,00  
2.    Modal Pinjaman     Rp    1.000.000,00  
    Total    Rp    1.660.000,00  
                

B.    Bahan Baku

No    Nama bahan baku    Harga    Jumlah
1    Kain cotton    Rp 78.000,00/Kg  x 3 kg    Rp 234.000,00
2    Kain Babby Terry    Rp 80.000,00/Kg x 3 kg    Rp 240.000,00
3    Kain Parasut    Rp. 16.000 ( 1 m x 1,5 m ) x 15     Rp 240.000,00
4    Kertas stiker    Rp 35.000,00/Pack x 2 Pack
( 40 lembar )    Rp 70.000,00
5    Plastik Bros    Rp. 10.000,00 x 25    Rp 250.000,00
6    Bahan Baku Pin    Rp. 15.000,00 x 25    Rp 375.000,00
7    Kawat Tembaga    Rp 10.000,00 x  25    Rp 250.000,00
    Total         Rp 1.659.000,00

Jumlah modal keseluruhan     = Rp. 1.659.000,00



BAB VIII
Penutup


Usaha ini terpikirkan karena melihat potensi yang sangat besar untuk PSDKU Unpad Pangandaran kedepannya, karena akan semakin banyak mahasiswa dan dosen yang hadir di PSDKU Unpad Pangandaran ini. Setiap tahunnya mahasiswa bertambah 150, itu tentu merupakan peluang besar untuk kami. Maka dari itu kami berencana mendirikan usaha ini karena prospek kedepannya bagus. Walaupun kami sadari, untuk merealisasikan ini tentu tidak mudah. Namun kami memiliki tekad dan semangat yang kuat agar usaha ini dapat terealisasi.
Demikian laporan ini kami susun , pastinya masih terdapat kekurangan dan tidak keakuratan, maka dari itu mohon kritik dan masukkannya, agar usaha ini dapat terealisasi dengan baik dan berkembang sesuai harapan.
Semoga dengan rahmat  Tuhan Yang Maha Esa laporan analisis bisnis ini dapat diwujudkan, AAMIIN.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »